Brasil Pulang Kampung Usai Kalah Dari Kroasia Melalui Adu Pinalti

Brasil Pulang Kampung Usai Kalah Dari Kroasia Melalui Adu Pinalti

topmetro.news – Laga pertama perempat final dalam lanjutan piala dunia 2022 menyajikan pertandingan yang cukup panas antara Timnas Brasil menjamu Timnas Kroasia. Pertandingan ini dilaksanakan di Education City Stadium pada hari Jum’at 9/12/22 pukul 22.00 WIB. Duel panas kedua kesebelasan ini berlangsung cukup a lot, sehingga kemenangan pada pertandingan ini harus ditentukan melalui adu pinalti. Alhasil Kroasia mampu mengalahkan Brasil dengan skor 4-2 melalui adu pinalti.

Pada dasarnya laga perempat final ini banyak yang memprediksi bahwa Brasil akan memenangkan pertandingan ini, pasalnya Brasil memiliki komposisi pemain yang lebih baik daripada Kroasia. Yaa inilah sepak bola, kemenangan suatu tim tidak hanya dilihat dari komposisi pemain saja, melainkan dari kekompakan, kedisiplinan, dan strategi para pemain yang diterapkan.

Dari awal babak pertama di mulai, Brasil mengambil kendali permainan dengan umpan pendek dan dari kaki ke kaki. Di menit kelima Vinicius membuka peluang bagi Brasil melalui tembakan keras dari luar kotak pinalti. Namun sayang tembakannya masih cukup lemah bagi Livakovic kiper dari Kroasia.

Peluang Vinicius itu mampu menaikkan tensi permainan, Kroasia mampu mendapat peluang emas pertamanya di menit 13. Dimana Ivan Perisic yang mendapat umpan silang dari Mario Pasalic, namun sontekan Perisic masih melebar di sisi gawang Alisson Kiper Brasil.

Kedua kesebelasan bermain cukup hati-hati, nampaknya masing-masing kesebelasan tidak mau kecolongan gol di babak pertama. Hal ini terlihat bola selalu berputar-putar di area tengah lapangan, dan tensi pertandingan terbilang cukup sedang. Disiplinnya pemain lini belakang dari kedua kesebelasan membuat skor sama kuat yakni 0-0 hingga berakhirnya babak pertama.

Jalannya Babak Kedua

Jalannya babak kedua membuat kedua tim tampil lebih terbuka dan saling jual beli serangan. Brasil hampir mendapat hadiah pinalti di menit 48, pasalnya bola terlihat menyentuh tangan Josip Juranovic di kotak pinalti Kroasia. Namun setelah mendapat pertimbangan dari pengamat FAR memutuskan bahwa bola tersebuttidak ada handball.

Pertandingan kali ini menjadi pertandingan yang terbilang sangat lama bagi Livakovic (Kiper Kroasia). Pasalnya ia harus berjibaku di bawah mistar gawang yang ia kawal. Pada babak kedua ia berhasil melakukan penyelamatan yang gemilang. Penampilannya yang sangat impresif ini bertahan hingga berakhirnya babak kedua. Dan memastikan tidak ada satu golpun yang bersarang di gawangnya, sehingga membuat kedudukan 0-0.

Gol baru bisa diciptakan oleh Brasil di babak pertama injury time, keunggulan Brasil ini diciptakan oleh Neymar melalui aksi heroiknya yang meliuk-liuk di kotak pinalti dan memperdaya Livakovic dengan liukan mautnya. Kemudian ia melesatkan tendangan ke arah atas sehingga tidak bisa dihalau oleh pemain belakang Kroasia. Kemenangan 1-0 atas Kroasia ini bertahan hingga babak pertama injury time usai.

Memasuki babak kedua injury time Kroasia kembali menyerang dan menyamakan kedudukan. Usaha yang dibangunnya baru memperoleh hasil di menit 117 melalui tembakan akurat Bruno Petkovic yang menerima umpan silang dari Mislav Orsic. Gol penyeimbang Kroasia ini mampu bertahan hingga berakhirnya babak kedua injury time, sehingga memaksa pada laga ini harus ditentukan dengan adu pinalti.

Pada adu pinalt ini, Livakovic mampu mengagalkan satu tendangan dari Pemain Brasil yaitu tendangan dari Rodrygo. Selain itu, nasib naas dialami oleh Brasil pasalnya Marquinhos yang menjadi eksekutor keempat tidak mampu menjalankan tugasnya dengan baik, karena tendangannya membentur mistar gawang. Sementara Timnas Kroasia mampu  membobol gawang brasil sebanyak empat kali. Hasil ini membawa Kroasia mengamankan satu tiket ke babak Semifinal Piala Dunia 2022.

Penulis | Rifat

Related posts

Leave a Comment